Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Saturday, November 2, 2013

HACKERS : OUTLAWS AND ANGEL

PEMAPARAN DESKRIPTIF 1 CUPLIKAN YANG DIPILIH

            Didalam film yang berjudul hackers outlaws and angel, menceritakan beragam cara yang digunakan seseorang atau bahkan semua orang untuk mengambil bagian terpenting dalam perusahaan. Mereka mengambil bagian terpenting yaitu beragam informasi perusahaan dengan cara mencuri, masuk diam-diam, bahkan menipu karyawan di dalam perusahaan. Dalam cuplikan film ini juga menggambarkan keadaan peperangan yang tidak terlihat nyata untuk memberantas kejahatan di dunia maya, dimana ada pula badan perusahaan yang ingin membasmi hacker tersebut. Suatu pertentangan keadaan dimana ada bagian yang berusaha mempertahankan kerahasiaan perusahaan dan ada pula bagian yang berusaha untuk menyelundupkan diri sendiri untuk mengetahui keberasilan perusahaan atau untuk demi keuntungan mereka.
            Cuplikan yang membuat saya cukup menarik untuk dijadikan contoh yaitu cuplikan dari hacker yang lebih dikenal dengan istilah Tiger Team atau Tim Macan. Dengan seseorang yang bernama Bryan, tetapi lebih dikenal dengan istilah hacker sebagai julukan tiger team. Dari beragam cara yang dilakukan hacker untuk mencuri data perusahaan dengan motif yang beraneka ragam yaitu untuk dijual kembali dengan uang yang berlimpah, hanya untuk keisengan, hanya untuk keuntungan diri sendiri, atau bahkan menyukai untuk mengetahui informasi rahasia perusahaan. Bryan merupakan hacker dengan julukan hacker yang beretika.
Cara Bryan yang mencoba untuk mencuri data perusahaan yaitu dengan berbohong, berkata selayaknya orang yang memang pada pakar computer dengan salah seorang karyawan penting dalam perusahaan yang ingin diketahui datanya. Cara bicaranya yang sangat ahli membuat karyawan tersebut mampu menyebutkan kode-kode yang dapat dicoba untuk dimasukkan ke dalam password perusahaan jika ingin memasukki informasi penting perusahaan. Dia mengatakan untuk menjadi hacker yang beretika selain menggunakan komputernya untuk mendapatkan informasi dia juga harus berbohong kepada karyawan di dalam perusahaan. Bryan dikategorikan sebagai hacker yang beretika karena Bryan melakukan scanning pada system, dan tidak menjual data tersebut melainkan merekomendasikan kepada clientnya bahwa computer mereka rusak. Dan bryan akan memberikan beberapa saran yang biasanya terkait dengan database perusahaan yang berisi informasi penting.
Bryan merupakan hacker yang membuka sekolah untuk seseorang yang ingin memberantas hacker. Dengan membuka college hacking, Bryan memberikan cara mereka untuk menjadi hacker, dan dihareapkan orang tersebut mengetahui cara kerja hacker untuk dapat mengantisipasi kejahatan hacker yang ada di dunia. College hacking ini dapat melahirkan topi putih atau bahkan mereka yang tidak kuat imannya berubah aliran menjadi topi hitam. Bryan mencoba memberikan mereka cara untuk dapat masuk ke informasi perusaahan lain sehingga nantinya mereka tau kelemahan hacker dan kelemahan itu digunakan untuk mengantisipasinya.


ANALISA EVALUASI DARI CUPLIKAN YANG DIPILIH
            Dari cuplikan yang saya pilih yaitu hacker yang beretika. Saya memilih cuplikan tersebut karena banyak hacker yang diceritakan dalam film Hackers Outlaws and Angel mempergunakan kemampuan mereka dalam mencuri informasi penting perusahaan dengan maksud tujuan yang sebenarnya tidak masuk akal. Secara keseluruhan sebenarnya keadaan yang digambarkan dalam film cukup miris dimana seseorang berlomba-lomba dengan yang lainnya untuk mencuri data penting dalam perusahaan. Tidak hanya 1 atau 2 orang saja yang menyerbu, melainkan ratusan atau bahkan ribuan orang dari beragam dunia dengan usahanya untuk mengambil bagian terpenting perusahaan.
Tetapi sebenarnya meskipun beretika tetapi mencuri merupakan suatu tindakan yang dikatakan tidak pernah baik dimata orang. Bryan merupakan hacker yang beretika dengan beragam caranya yang memang lebih beretika daripada hacker lainnya yang mencuri informasi perusahaan hanya untuk keisengan ataupun kesenangan mereka saja. Selain itu cuplikan ini saya pilih karena Bryan tidak hanya membodohi clientnya untuk selalu berpangku tangan kepadanya agar mendapatkan cara-cara penting dalam data base yang ada di perusahaan lain yang terkemuka. Tetapi Bryan juga mengajarkan kepada para clientnya cara yang bernar dalam memperbaiki database perusahaan mereka dengan mengacu pada data base perusahaan lain yang terkemuka yang dimiliki Bryan untuk memandu mereka. Itulah mengapa saya memilih cuplikan hacker yang beretika dimana ditemukan cukup jarang dari sekian banyak hacker yang melakukan pencurian data untuk maksud kesenangan pribadi mereka saja.
            Meskipun saya mengambil cuplikan dari segi hacker, tetapi tidak selalu membawakan suatu yang negative dalam cuplikan tersabut. Segi positive yang dapat kita pelajari dari cuplikan hacker yang menceritakan hacker beretika yaitu:
1.      dimana dari segi iman seseorang yang tidak mudah tergoda untuk dengan mudah menjual data base perusahaan yang dicurinya tetapi memberikan cara kepada client mereka sehingga client mereka tidak cuma bergantung selalu dengan Bryan melainkan dapat belajar dari hal yang mereka tidak ketahui.
2.      Selain itu semakin banyak hacker yang memepergunakan kemampuan mereka untuk merugikan orang lain atau untuk keuntungan mereka Bryan tidak melakukan hal yang sedemikian rupa. Dia memberikan suatu pembelajaran bagi clientnya.
3.      Hal positive lainnya yang dapat dipetik dalam cuplikan film tersebut yaitu Bryan membuka suatu bimbingan pengajaran mengenai cara melakukan pengantisipasian hacker. Bimbingan yang dibukanya membuat seseorang atau bahkan semua orang yang mengikuti bimbingan tersebut menjadi tahu cara orang melakukan hacker dan kemudian mengantisipasi hacker yang berusaha mencuri informasi mereka.
Poin tersebut merupakan segi positive dalam cuplikan dari Bryan. Dalam hacker tidak hanya segi positive yang dapat dipetik melainkan juga ada segi negative yang dapat diungkapkan.
            Mencuri meupakan tindakan yang tidak baik dari zaman dahulu hingga sekarang kata mencuri diidentikan dengan sesuatu yang tidak baik. Segi negative yang dapat diambil dari cuplikan film ini yaitu:
1.      berbohong merupakan tindakan yang dilakukan untuk menyokong aksi hacker tersebut. Mempergunakan computer sebagai alat utamanya dengan menelpon seseorang yang dianggap berpengaruh dalam perusahaan dan mencoba mengkorek informasi penting dalam perusahaan dengan bahasa yang sangat baik.
2.      Selain itu tindakan negative lainnya yaitu tentu saja memperdaya seseorang untuk memberikan kata password kepada pelaku. Mencuri data perusahaan yang penting yang sebenarnya tidak boleh dilakukan oleh pihak luar.
3.      Segi negative lainnya dalam aksi yang dilakukan oleh Bryan yaitu dia mendirikan suatu perkumpulan pembelajaran untuk mengantisipasi hacker, bisa diperkirakan orang yang masuk didalamnya dapat dengan mudah beralih pemikiran untuk menjadi hacker demi keuntungan mereka. Semakin kompetitif persaingan didunia perusahaan membuat apa saja dapat dilakukan termasuk mencuri data pesaing mereka. Bisa saja mereka ingin mengetahui strategi perusahaan tertentu hingga menjadi berasil sampai saat ini. Seserang akan tahu dimana akan menyerang perusahaan yang mereka bidik informasi pentingnya. Dengan mempelajari hal yang sedemikian rupa saya rasa sedikit kemungkinan orang yang mengikutinya akan benar-benar mempergunakan untuk mengantisipasi hacker dalam perusahaannya, melainkan mereka akan terlahir sebagai hacker lanjutan Bryan.
4.      Tentunya merugikan perusahaan yang diambil informasi pentingnya. Pesaing menjadi tahu titik kelemahan perusahaan sehingga dapat menyerang perusahaan. Bisa menjadi pengikut model perusahaan yang terkemuka untuk dapat berhasil seperti mereka.
5.      Dapat berdampak buruk bagi seseorang yang ada di dalam perusahaan. Jika pemimpin perusahaan mengetahui ada kasus pencurian dalam perusahaannya maka akan ada sedikit atau banyak orang yang kehilangan pekerjaannya dikarenakan ulah yang dilakukan oleh Bryan.
Dari segi positive dan negative tenyata banyak segi negative yang muncul dalam tindakan yang dilakukan oleh Bryan. Hal ini menyadarkan kita bahwa hacker merupakan tindakan yang tidak baik meskipun dilakukan dengan cara yang beretika. Di dalam film tersebut terkuak bahwa di Indonesia serangan hacker cukup arah dari beragam belahan dunia. Hal ini sungguh sangat miris karena negara kita dalam pantauan badan di Amerika NYPD mendapat serangan yang cukup parah dalam beberapa detik saja. Hacker merupakan tindakan yang cukup tidak layak dilakukan seseorang karena itu merupakan tindakan yang curang. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa dunia bisnis kita semakin kompetitif sehingga informasi yang paling penting dalam perusahaan pun harus diperoleh demi keuntungan perusahaan bersama. Munculnya hacker yang beretika seperti Bryan membuat perusahaan semakin takut informasi pentingnya dapat diambil dengan beretika oleh seseorang yang bercirikan seperti Bryan ini.
Jika suatu perusahaan tidak ingin informasi yang dimilikinya diambil oleh hacker maka ada beberapa cara yang dilakukan untuk mencegah aksi yang dilakukan oleh Bryan tersebut. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan:
A.    Secara internal perusahaan.
1.      Memberikan suatu pelajaran tindakan kepada karyawan untuk tidak mudah akrab dengan seseorang yang berada di telepon atau pun orang lain yang mengunjunginya sekalipun mereka yang dekat dengan karyawan. Karena motif yang dilakukan Bryan yaitu mengkorek informasi penting dalam perusahaan melalui karyawan yang paling berpengaruh di perusahaan.
2.      Karyawan diberikan suatu pelajaran untuk tidak mengatakan password tertentu meskipun itu password pribadi akunya. Karena bryan mempergunakan kata password percontohan yang diungkapkan oleh karywan untuk kemudian dicoba dalam account password nya dalam memasuki informasi penting perusahaan.
3.      Ada badan tertentu dalam perusahaan yang bertugas untuk mengawasi sistem informasi perusahaan. Seorang atau beberapa orang ini ditugaskan untuk menjaga keamanan informasi dengan berbekal ilmu computer yang sangat baik guna mencegah terjadinya serangan hacker.
4.      Dalam perusahaan hendaknya selalu memeriksa computernya, kemudian mempergunakan antivirus yang terbaik, dan selalu waspada dengan jaringan internet yang terhubung dengan computer perusahaan.

B.     Secara eksternal perusahaan.
1.      Adanya hukum yang tegas hukum mencegah, mengawasi, dan menangani aksi hacking yang dilakukan oleh hacker. Hukum tersebut dianjurkan dapat membuat jera hacker sehingga dapat beralih pada pekerjaan lain yang lebih baik.
2.      Adanya badan khusus secara universal yang menangani kasus hacker. Seperti misalnya di Newyork, NYPD berkembang pesat. Mereka menyimpan data-data yang berhubungan dengan kegiatan black hacking dalam beberapa hardisk. Cara itu dianggap paling aman karena hardisk tersebut tidak terkoneksi dengan komputer, sehingga tidak bisa dijebol hacker.

3.      Wireless network selalu diwaspadai karena dari sini dapat ditemukan beraneka macam orang yang masuk untuk mengetahui data perusahaan, ataupun kegiatan lainnya yang mereka lakukan.

No comments:

Post a Comment