Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Saturday, November 2, 2013

Teknik Untuk Meningkatkan Arus Kas.


Untuk mencapai tujuan oeningkatan arus kas manajemen harus memperhatikan proses penagihan kas untuk mempercepat penagihan kas ; proses pembayaran kas untuk memperlambat pembayaran kas; kebijaksanaan investasi untuk dengan segera menanamkan saldo kas yang menagggur untuk memperoleh pendapatan bunga yang maksimal. Meningkatkan penagihan kas, proses pembayaran dan kebijakan investasi, karena jika tidak dilakukan kas yang mengaggur akan memperburuk posisi likuiditas perusahaan. Beberapa cara yang dipergunakan untuk meningkatkan efisiensi proses penagihan adalah :
·         Teliti jarak waktu dari tanggal penjualan barang dan jasa secara kredit sampai pengiriman fraktur dan penagihan pertama.
·         Jika potongan kontan diberikan pada pelanggan karena membayar dengan cepat, pelajari pengaruhnya terhadap penagihan terlalu awal dan apakah potongan terlalu tinggi atau rendah.
·         Teliti proses pemberian kredit untuk menentukan apakah resiko kredit yang buruk telah disaring. Dan apakah piutang macet diketahui lebih awal dan tindakan penagihan sebelum piutang.
·         Pertimbangkan cara untuk mengurangi waktu anatar tanggal pembayaran pelanggan dan tanggal kas tersedia untuk dipergunakan oleh perusahaan. Status mengambang bisa menjadi sangat mahal karena pemasukkan kas lambat dan kesempatan untuk memperoleh bunga atas kas selama masa mengambang hilang. Jarak waktu karena float dapat ditekan sekecil mungkin dengan teknik berikut:
o   Penggunaan sistem lockbox-tujuan sistem ini adalah untuk mengurangi waktu mengambang atas kas dari pelanggan pada perusahaan. Konsep nya yaitu perusahaan mengadakan perjanjian dengan suatu bank untuk menerima dan memproses pembayaran yang masuk. Cek diendors dikreditkan pada rekening atas nama penerima pembayaran dan didepositkan pada rekening perusahaan pada bank. Dari penerimaan dana sampai asset yang memberikan pendapatan tujuan utamnya yaitu untuk mempercepat penguangan dana yang masuk menjadi asset yang memberikan pendapatan. Ada dua hal untuk mencapai tujuannya yaitu penerimaaan pos yang masuk dipercepat karena bank mengambil isi kotak pos surat lebih sering daripada perusahaan dan waktu kliring cek untuk cek yang diterima dapat dikurangi karena lokasi lockbox lebih dekat kepelanggan dan kenyataan bahwa bank menerima cek yang masuk pada pusat operasi lebih awal.
o   Membuka rekening bank di luar daerah dimana karyawan ditunjuk perusahaan menerima pembayaran dari pelanggan.
o   Mengurangi waktu pemrosesan cek dalam perusahaan sendiri dan melakukan pemasukkan deposit kesemua cek dan uang tunai pada hari tersebut.
o   Dorong penagihan tepat waktu atas semua piutang. Jangan dilakukan pada akhir bulan, lakukan penagihan setelah penjualan.
Beberapa cara yang sering digunakan untuk meningkatkan efisiensi proses pembayaran kas :
·         Lakukan pembayaran pada hari terakhir yang tidak dikenai denda. Jangan terlalu awal.
·         Lakukan semua pembayaran dengan cek, lebih baik lagi Jumat untuk meneekan sekecil mungkin status mengambang yang menguntungkan perusahaan. Jangan gunakan transfer kawat kecuali memang diperlukan.
·         Ambil semua potongan tunai karena pembayaran yang lebih awal.
·         Buat kebijakan untuk tidak memberikan uang muka.
·         Buat kebijakan dan proses pembayaran untuk menekan sekecil mungkin pembayaran tidak sah oleh karyawan perusahaan.
Suatu perusahaan membuat kebijakan khusus tentang investasi sementara kas yang menganggur. Kebijakan harus jelas tentang masalah seperti jenis dan perbandingan surat berharga yang disetujui, pelaporan dan pemantauan bulanan atas portofolio, mengamankan dan menghentikan investasi sementara.
Perencanaan dan Pengendalian Kas Dalam Sebuah Perusahaan Non Manufaktur.

Manajemen kas bagi semua perusahaan diperlukan karena persediaan yang besar dan mahal sering dan harus dijaga dan itu semua berada pada kas. Selain itu kredit yang luas dipergunakan untuk mempertahankan tingkat persediaan. Rencana operasi yang lengkap penting dalam pembuatan anggaran kas yang realistis. 

No comments:

Post a Comment