Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Saturday, November 2, 2013

Dampak Negative Korupsi

Dampak negative yang terjadi ketika Nazaruddin melakukan korupsi yaitu yang pertama pastinya citra buruk akan dirinya sendiri yang tidak dipercaya lagi oleh para petinggi dan rakyat untuk mengendalikan suatu proyek yang berkaitan dengan negara, karena rakyat merasa tindakan ini tidak adil ketika rakyat sudah bersedia membayar pajak.Memberikan nama buruk bagi partai Demokrat tempat dia bernaung. Selain itu nama buruk juga disandang oleh Indonesia sebagai negara terkorup. Dampak negative lainnya menjadikan pembekaan anggaran yang telah ditetapkan menjadi beberapa kali lipat sehingga merugikan kas negara.
a.       Bagi pelakunya
-          Tidak adanya kepercayaan lagi bagi si pelaku karena dianggap sudah menyelewengkan tanggung jawab.
-          Akan dinonaktifkan atau bahkan dipecat dari lembaga yang bersangkutan dengan dirinya.
-          Akan kesulitan mendapatkan pekerjaan karena tercemarnya nama baik.
-          Akan menggangu psikologis karena tertekannya diri seseorang terhadap kasus yang ada.
-          Akan menghadapi banyak hinaan baik dari keluarga besar, teman, sampai masyarakat luas.
b.      Bagi masyarakat
-          Wisma atlit semakin terbengkalai pekerjaannya, bahkan telah roboh pada beberapa lokasi.
Karena banyak dana yang dikorupsi untuk beberapa bahan pokok bangunan membuat pekerjaan wisma terbengkalai dan tidak semakin baik pelaksanannya. Bahkan untuk lokasi pada ruangan wisma dikabarkan sudah roboh karena bahan yang digunakan tidak baik dan tidak sesuai dengan anggaran.



-          Menurunnya prestasi para atlit karena tempat pelaksanaan wisma belum terpenuhi dengan baik.
Dalam kegiatan atlit yang dilakukan di mancanegara menunjukkan kemunduran prestasi para atlit. Hal ini selama mempersiapkan diri para atlit terganggu dengan jalannya proyek wisma yang tidak berjalan baik.
-          Menurunnya tingkat kesadaran masyarakat untuk kebih membayar pajak kepada negara.
Masyarakat semakin enggan untuk membayar pajak yang tinggi untuk pemerintah sekarang ini. Mereka yang membayar bergeming bahwa pajak yang dibayarkan tidak akan tersalurkan kembali kepada mereka yang membutuhkan atau bahkan tidak akan tersalur untuk beberapa lokasi yang memang mereka butuhkan untuk kehidupan.
-          Kepercayaan masyarakat kepada pemerintah juga akan melemah.
untuk pemilihan sejumlah pejabat masyarakat akan semakin menurun kepercayaannya karena mengganggap tidak akan terjadi perubahan jika sebelumnya terjadi masalah yang sedemikian rupa.
c.       Bagi negara
-          Meningkatnya kemiskinan.
Korupsi yang meningkat tinggi akan menyebabkan semakin tidak meratanya dana yang seharusnya dialirkan untuk mereka yang membutuhkan. Korupsi juga dapat menyebabkan penghindaran terhadap pajak, administrasi pajak yang lemah, dan pemberian privilese yang cenderung berlebih terhadap kelompok masyarakat makmur yang memiliki akses kepada kekuasaan sehingga yang kaya akan semakin kaya sedangkan yang miskin akan semakin miskin.
-          Tingginya angka kriminalitas.
Tingginya angka kriminalitas Korupsi menyuburkan berbagai jenis kejahatan yang lain dalam masyarakat. Semakin tinggi tingkat korupsi, semakin besar pula kejahatan. Menurut Transparency International, terdapat pertalian erat antara jumlah korupsi dan jumlah kejahatan. Rasionalnya, ketika angka korupsi meningkat, maka angka kejahatan yang terjadi juga meningkat. Sebaliknya, ketika angka korusi berhasil dikurangi, maka kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum juga meningkat. Dengan mengurangi korupsi dapat mengurangi kejahatan yang lain.
-          Demoralisasi
Jika suatu pemerintah tidak lagi mampu memberi pelayanan terbaik bagi warganya, maka rasa hormat rakyat dengan sendirinya akan luntur. Jika pemerintah justru memakmurkan praktek korupsi, maka lenyap pula unsur hormat dan trust (kepercayaan) masyarakat kepada pemerintah.
-          Melemahnya perekonomian
Jika tidak terjadi korupsi negara dapat memberikan modal usaha kecil dan menengah dengan suku bunga 0% agar perekonomian negara cepat berkembang dan menurunkan jumlah pengangguran. Negara dapat membangun sarana untuk menanggulangi krisis energi di masa depan dengan mengembangkan pembangkit tenaga air dan tenaga surya. Negara dapat melunasi hutang luar negeri. Negara dapat membangun sarana internet gratis / murah bagi golongan pelajar dan mahasiswa. Negara dapat memperbaiki sarana dan fasilitas umum yang ada di kota maupun di desa. Negara dapat menjamin kehidupan yang lebih layak bagi petani dan nelayan. Tetapi perekonomian negara semakin lemah. Hal ini bisa dilihat terhadap kualitas barang dan jasa publik kurang bermutu.
-          Terganggunya sistem politik dan pemerintahan.
Korupsi Mengganggu kinerja sistem politik yang berlaku. Publik cenderung meragukan citra dan kredibilitas suatu lembaga yang diduga terkait dengan tindakan korupsi.
-          Investasi asing berkurang
Korupsi akan menyebabkan investasi dari negara lain akan berkurang karena para investor luar negeri ingin berinvestasi pada negara yang bebas dari korupsi. Dan bantuan dari negara donorpun tidak akan diberikan kepada negara yang tingkat korupsinya masih tinggi. Ini menyebabkan kerugian yang besar bagi negara tersebut karena dengan tidak ada bantuan dari negara donor akan menghambat pertumbuhan perokonomian negara. 


-          Pandangan negative negara lain
Negara yang tingkat korupsinya tinggi akan memiliki citra negatif dari negara lain, sehingga kehormatan negara tersebut akan berkurang. Sebaliknya, negara yang tingkat korupsinya rendah akan mendapat pandangan positif dari negara lain dan memiliki citra yang baik di dunia internasional sehingga kedaulatan dan kehormatan negara itu akan dilihat baik oleh negara lain. Bahkan apabila negara memiliki tingkat korupsi yang sangat  rendah biasanya akan menjadi tempat study banding dari negara lain untuk memperoleh pembelajaran.
-          Hubungan internasional

Korupsi dapat menyebabkan kurang baiknya hubungan internasional antar negara, ini disebabkan negara yang korup akan merugikan negara lain yang memberikan modal atau bekerjasama dalam bidang tertentu.

No comments:

Post a Comment