Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Tuesday, May 13, 2014

TQM

Kualitas dan Strategi
                Peningkatan kualitas mampu membantu perusahaan meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya yang kemudian akan meningkatkan keuntungan. Peningkatan penjualan kerap terjadi saat perusahaan mempercepat respons mereka, merendahkan harga jual sebagai hasil dari skala ekonomis dan meningkatkan reputasi mereka dengan produk berkualitas. Kualitas yang rendah berpengaruh terhadap organisasi secara keseluruhan, mulai dari pemasok hingga ke pelanggan dan dari desain produk hingga pemeliharaannya.
Mendefinisikan Kualitas
                Tujuan manajer operasi adalah membangun sebuah sistem TQM yang mengidentifikasikan dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Kualitas adalah kemampuan sebuah produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
                Dua cara kualitas meningkatkan keuntungan :
1.       Penjualan meningkat melalui :
a.       Respons yang lebih baik
b.      Harga yang fleksibel
c.       Reputasi yang lebih baik
2.       Pengurangan biaya melalui :
a.       Produktivitas yang meningkat
b.      Biaya rework dan scrap yang lebih rendah
c.       Biaya garansi yang lebih rendah.
Pengaruh Kualitas
                Tiga alasan penyebab kualitas itu penting adalah :
1.       Reputasi perusahaan. Suatu organisasi menyadari reputasi akan mengikuti kualitas apakah itu baik atau buruk. Promosi diri tidak akan menggantikan produk berkualitas.
2.       Kehandalan produk. Pengandilan terus berusaha menghukum organisasi yang merancang, memproduksi, atau mengedarkan produk atau jasa yang penggunaannya mengakibatkan kerusakan atau kecelakaan.
3.       Keterlibatan global. Kualitas adalah suatu perhatian internasional, sebagaimana halnya MO. Bagi perusahaan yang ingin bersaing secara efektive pada ekonomi global, produk mereka harus memenuhi ekspektasi akan kualitas, desain, dan harga yang global.
Biaya Kualitas.
                Empat kategori utama biaya dikaitkan dengan kualitas yang disebut biaya kualitas :
1.       Biaya pencegahan. Biaya yang terkait dengan mengurangi kemungkinan komponen atau jasa mengalami kerusakan.
2.       Baiaya penaksiran. Biaya yang dikaitkan dengan proses evaluasi produk, proses, komponen, dan jasa.
3.       Kegagalan internal. Biaya yang diakibatkan oleh proses produksi komponen atau jasa yang rusak sebelum  diantarkan ke pelanggan.
4.       Biaya eksternal. Biaya yang terjadi setelah pengiriman barang atau jasa yang cacat.
Tiga biaya diatas dapat diperkirakan, tetapi biaya eksternal sangat sulit dihitung.
Etika dan Manajemen Kualitas
                Dalam hal etika pihak manajemen harus menanyakan apakah para pihak yang berkepentingan ini disalahkan. Setiap perusahaan harus mengembangkan nilai inti yang menjadi panduan sehari-hari untuk semua orang mulai dari CEO sampai pekerja di lini produksi.
Standar Kualitas Internasional
ISO 9000
                ISO 9000 merupakan satu-satunya standar kualitas yang diakui secara internasional. Focus standar ini adalah menetapkan prosedur manajemen kualitas melalui kepemimpinan, dokumentasi terperinci, perintah kerja, dan penyimpanan catatan. Untuk memilikinya, organisasi harus melalui proses selama 9 hingga 18 bulan yang mencakup dokumentasi prosedur kualitas, penilaian lapangan, dan serangkaian audit yang terus berjalan terhadap produk atau jasa yang dihasilkan.
ISO 14000
                Proses internasional kualitas yang terus terbukti dengan dikembangkannya ISO 14000. ISO 14000 merupakan standar manajemen lingkungan yang mengandung lima elemen pokok : manajemen lingkungan, audit, evaluasi kinerja, pelabelan, dan penilaian siklus hidup. Memiliki kelebihan :
1.       Citra public yang positive dan ekspos yang berkurang terhadap kewajiban.
2.       Pendekatan sistematis yang baik untuk pencegahan polusi melalui minimalisasi dampak ekologis dari prosuk dan aktivitas perusahaan.
3.       Ketaatan dengan persyaratan peraturan dan peluang untuk mendapatkan keunggulan bersaing.
4.       Berkurangnya kebutuhan untuk melakukan audit majemuk.



Total Quality Manajemen ( TQM )

TQM mengacu pada penekanan kualitas yang meliputi oragniasi keseluruhan, mulai dari pemasok hingga pelanggan. TQM penting karena keputusan kualitas mempengaruhi masing-masing dari sepuluh keputusan yang dibuat manajer operasi. Pemenuhan ekpektasi tersebut membutuhkan penekanan TQM saat suatu perusahaan bersaing untuk menjadi pemimpin di pasar dunia.
Perbaikkan Berkesinambungan

                TQM membutuhkan perbaikkan berkesinambungan yang tidak pernah berhenti yang mencakup orang, peralatan, pemasok, bahan, dan prosedur.  Jadi aspek dari suatu operasi perusahaan dapat diperbaiki. Tujuan akhirnya adalah kesempurnaan yang tidak akan pernah dapat diraih, tetapi selalu diupayakan. Plan-do-check-act (PDCA) yang menurutnya adalah suatu proses perbaikan berkesinambungan. 

No comments:

Post a Comment