Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Tuesday, May 13, 2014

Manajemen Operasional

MENINGKATKAN  KEMAMPUAN  MEMPERBAIKI.
Karena keandalan dan pemeliharaan preventif jarang ada yang sempurna, perusahaan memiliki beberapa tingkatan kemampuan perbaikan. Dengan memperbesar atau meningkatkan fasilitas pemeliharaan, sistem bekerja menjadi lebih cepat. Fasilitas pemeliharaan yang baik harus memiliki enam hal yaitu :
a.       Personel yang terlatih dengan baik.
b.      Sumber daya yang memadai.
c.       Kemampuan menetapkan sebuah rencana perbaikan dan prioritas.
d.      Kemampuan dan otoritas untuk melakukan perencanaan bahan.
e.       Kemampuan mengidentifikasi penyebab kerusakan.
f.       Kemampuan merancang cara memperluas MTBF.
Tidak semua pekerjaan perbaikan dapat dilakukan pada fasilitas perusahaan. Enam hal diatas menunjukkan beberapa pilihan dan bagaimana mereka manila kecepatan, biaya, dan kompetensi. Konsisten pada keuntungan dari pemberdayaan karyawan. Jika setiap operator melaksanakan aktivitas dalam batas kemampuannya, maka manajer telah melangkah kea rah pemberdayaan karyawan dan pemeliharaan kinerja sistem.
PEMELIHARAAN  PRODUKTIF TOTAL.
Banyak perusahaan beralih ke konsep manajemen kualitas total dalam implementasi pemeliharaan preventif dengan sebuah pendekatan yaitu pemeliharaan produktif total. Pemeliharaan produktif total adalah menggabungkan kualitas manajemen total dengan sudut pandang pemeliharaan strategis, dari proses dan desain peralatan hingga pemeliharaan prefentif. Pemeliharaan produktif total meliputi hal sebagai berikut :
a.       Perancangan mesin yang andal, mudah dioperasikan, mudah pemeliharaan.
b.      Penekanan biaya kepemilikkan total saat membeli mesin, hingga biaya pelayanan dan pemeliharaan sudah termasuk dalam biaya pembelian.
c.       Pembuatan rencana pemeliharaan preventif yang memanfaatkan praktik terbaik dari operator, departemen pemeliharaan, dan depot layanan.
d.      Pelatihan pekerja untuk mengoperasikan dan memelihara mesin mereka sendiri.
Pemeliharaan produktif total menjadi kunci untuk menguarangi variabilitas dan meningkatkan keandalan.
TEKNIK-TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN PEMELIHARAAN.
a.       Simulasi: Karena rumitnya beberapa keputusan pemeliharaan, simulasi computer merupakan perangkat yang baik untuk mengevaluasi dampak dari berbagai kebijakan. Pihak manajemen juga dapat menstimulasikan penggantian komponen yang belum rusak sebagai upaya mencegah timbulnya kerusakan di masa mendatang. Simulasi yang dilakukan melalui model fisis juga bermanfaat.

b.      Sistem Pakar: Para manajer MO menggunakan sistem pakar untuk membantu karyawan mengisolasi serta memperbaiki berbagai kesalahan pada peralatan dan permesinan.

No comments:

Post a Comment