Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Saturday, November 2, 2013

Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem perekonomian Indonesia adalah Ekonomi Pancasila yang artinya sistem perekonomian Indonesia adalah sistem ekonomi campuran yang berdasarkan nilai – nilai pancasila. Menurut sistem ini implementasi Indonesia dalam mewujudkanya yaitu :
a.        menganut sistem pasar yang beretika dimana ada pemerintah yang turut campur tangan untuk mengatur, mengawasi jalanya perekonomian agar tidak terjadi kecurangan oleh para pelaku ekonomi dalam hal ini pengusaha, sehingga persaingan usaha lebih sehat.
b.      Selain itu dalam sistem ekonomi pancasila pemerintah juga sebagai pelaku ekonomi. Sesuai UUD 45 pasal 33 Pemerintah menjadi pelaku ekonomi di sector usaha yang mengelola hajat hidup orang banyak, gunanya untuk mencegah terjadinya praktek monopoli swasta yang merugikan konsumen dalam hal ini rakyat.
Harus diakui, Pancasila disini menjadi suatu tembok yang membentuk mental kita menjadi “ramah”, “murah hati”, dan “tidak enakan”. Sehingga sulit bagi kita untuk mengejar dari ketertinggalan terhadap Negara-negara maju.
Namun, idealitas sistem ekonomi pancasila tidaklah sama dengan realitasnya. Sistem ekonomi Indonesia semakin lama terlihat semakin menuju liberal khas Amerika. Nilai nilai ekonomi pancasila mulai ditinggalkan, persaingan usaha semakin didominasi oleh swasta, terutama oleh swasta asing melalui perusahaan-perusahaan multinasionalyang nota bene ada di berbagai negara. Keadaan ini jelas membahayakan dan merugikan. Dikatakan berbahaya karena jika swasta apalagi swasta asing telah mendominasi perekonomian, maka pemerintah akan dikendalikan bukan mengendalikan, terutama jika swasta telah masuk dalam sektor usaha yang mengelola hajat hidup orang banyak.
Semakin terpuruknya sistem perekonomian Indonesia membuat banyak tindakan yang tidak mengarah kepada perekonomian dengan sistem pancasila. Kami memilih korupsi sebagai salah kasus yang akan dibahas dalam sistem perekonomian di Indonesia. Korupsi di Indonesia menurut Corruption Perception Index (CPI 2009) Indonesia berada di tingkat 111 dari 180 negara di dunia dengan indeks 2,8 (CPI 2010) Indonesia berada di tingkat 110 dengan indeks 2,8 dari 178 negara di dunia dengan range 0-10. (CPI 2011) Indonesia berada di peringkat 100 dengan indeks 3 dari 182 negara di dunia dengan range 0-10 dan indeks 0 sebagai negara yang paling korup. Dari 3 tahun terakhir terdapat kesimpulan bahwa Indonesia negara korupsi dibandingkan Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darrusalam.

Oleh karena itu kami memilih tindakan korupsi sebagai pembahasan dalam sistem perekonomian di Indonesia ini. Kami merasa tindakan ini harus diminimalisasikan karena tindakan korupsi tidak sesuai dengan sistem perekonomian di Indonesia yang menganut sistem ekonomi pancasila. Korupsi merupakan salah satu tindakan yang tidak sesuai dengan sistem ekonomi Pancasila karena pada sistem perekonomian Pancasila mementingkan seluruh golongan rakyat tanpa pandang bulu dan bukan mementingkan diri sendiri seperti tindakan korupsi. Dalam perekonomian Pancasila, pemerintah merupakan pelaku ekonomi yang mengawasi hajat hidup orang banyak maka jika korupsi dilakukan maka dirasa tindakan yang tidak pantas karena merugikan hajat hidup orang banyak.

No comments:

Post a Comment