Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Saturday, November 2, 2013

Perencanaan

Apa itu perencanaan? Perencanaan adalah tujuan organisasi, penentuan strategic untuk mencapai tujuan dan pengembangan rencana untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan kerja.
            Seorang manajer perlu melakukan perencanaan karena :
1.      Memberikan arah kepada manajer dan non manajer.
2.      Mengurangi ketidakpastian dengan mendorong para manajer memandang ke depan, mengantisipasi perubahan, mempertimbangkan dampak perubahan, dan mengembangkan respon yang tepat.
3.      Meminimalkan pemborosan dan kekosongan, apabila aktivitas kerja dikoordinasikan sesuai rencana, ketidakefisienan akan menjadi jelas dan dapat diperbaiki, atau dihilangkan.
4.      Perencanaan menetapkan tujuan atau standart yang digunakan dalam pengendalian.
Hubungan antara perencanaan dan kinerja yaitu melibatkan beberapa aspek penting dalam hubungannya. Diantaranya yaitu terlihatnya hasil keuangan yang positif dengan laba yang tinggi, pengembalian asset yang lebih tinggi. Dengan perencanaan yang baik dalam memainkan bagian yang lebih besar dalam menghasilkan kinerja yang lebih besar daripada perencanaan. Selain itu hubungan perencanaan dipengaruhi oleh kerangka waktu perencanaan.
Perencanaan melibatkan dua aspek penting yaitu :
1.      Perencanaan yang mempunyai tujuan. Tujuan adalah hasil yang diinginkan atau target. Hal itu dapat memandu manajer membentuk criteria dalam hasil kerja.
2.      Perencanaan yang mempinyai rencana. Rencana adalah dokumen yang menentukan kerangka bagaimana tujuan itu akan terpenuhi.
Tujuan memiliki beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis dalam tujuan. Organisasi memiliki satu tujuan yaitu untuk menghasilkan laba bagi bisnis, dan mememnuhi kebutuhan beberapa kelompok bagi bisnis nirlaba. Beberapa jenis dalam tujuan organisasi adalah tujuan yang dinyatakan dan tujuan yang sebenarnya. Tujuan yang dinyatakan yaitu tujuan yang berwujud tentang laporan resmi tentang apa yang dikatakan organisasi dan yang ingin diyakini oleh pemangku kepentingan. Sedangkan tujuan yang sebenarnya yaitu tujuan yang secara actual dikejar oleh organisasi.
Rencana juga memiliki beberapa jenis yaitu rencana strategic, rencana operasional, rencana jangka panjang, rencana jangka pendek, rencana spesifik, dan rencana arahan, rencana sekali pakai, rencana siaga. Rencana strategic adalah rencana yang ditetapkan pada seluruh organisasi dan menetapkan tujuan. Rencana operasional adalah rencana yang meliputi area operasional dari organisasi. Rencana jangka panjang adalah rencana yang mebutuhkan waktu lebih dari 3 tahun. Rencana jangka pendek adalah rencana yang beerjangka waktu satu tahun atau kurang. Rencana spesifik adalah rencana yang sudah jelas dan tidak memberikan ruang bagi intrepretasi. Rencana arahan adalah rencana yang fleksibel dan memberikan panduan umum. Rencana sekali pakai adalah rencana yang didesign untuk waktu yang unik. Rencana siaga adalah rencana yang memberikan panduan untuk aktivitas yang berulang kali.
            Beberapa langkah dalam menetapkan tujuan yang harus diperhatikan oleh manajer yaitu:
1.      Meriview misis atau tujuan organisasi, sebelum menulis tujuan karena tujuan yang baik haru merefleksikan misi.
2.      Mengevaluasikan sumber daya yang tersedia.
3.      Menentukan tujuan secara individu atau dengan masukan pihak lain, tujuan ini harus jelas dan terukur serta harus mencakup kerangka waktu untuk mencapainya.
4.      Menulis tujuan dan mengalokasikannya kepada semua yang perlu tahu.
5.      Mereview hasil dan apakah tujuan telah tercapai.


No comments:

Post a Comment