Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Friday, August 2, 2013

Tari Jaipong

Menari jaipong tarian yang sulit?? Apakah Tarian Jaipong itu tarian erotis??? Mau tahu asal usul tarian jaipong? dan jawaban atas pertanyaan di atas? Makannya yuk baca asal usul dan apa sih tarian jaipong itu.



Tarian jaipong itu tidak susah kok teman. Jika kita mau berlatih dengan baik menari apapun itu dapat dilakukan juga dengan baik termasuk menari jaipong. Jaipongan adalah seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman  Gugum Gumbira asal Bandung tahun 1960-an. Ia terinspirasi pada kesenian rakyat yang salah satunya adalah Ketuk Tilu dan mengenal pola-pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan. 



Karya Jaipongan pertama yang mulai dikenal oleh masyarakat adalah tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong” yang keduanya merupakan jenis tari putri dan tari berpasangan (putra dan putri). Awal kemunculan tarian tersebut semula dianggap sebagai gerakan yang erotis dan vulgar, namun semakin lama tari ini semakin popular dan mulai meningkat frekuensi pertunjukkannya baik di media televisi, hajatan, maupun perayaan-perayaan yang disenggelarakan oleh pemerintah atau oleh pihak swasta.


Di Subang Jaipongan gaya “Kaleran” memiliki ciri khas yakni keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas, dan kesederhanaan. Hal itu tercermin dalam pola penyajian tari pada pertunjukannya, ada yang diberi pola (Ibing Pola) seperti pada seni Jaipongan yang ada di Bandung, juga ada pula tarian yang tidak dipola (Ibing Saka), misalnya pada seni Jaipongan Subang dan Karawang. Istilah ini dapat kita temui pada Jaipongan gaya kaleran, terutama di daerah Subang.


Tari Jaipongan pada saat ini bisa disebut sebagai salah satu tarian khas Jawa Barat, terlihat pada acara-acara penting kedatangan tamu-tamu dari Negara asing yang datang ke Jawa Barat, selalu di sambut dengan pertunjukkan tari Jaipongan. Tari Jaipongan ini banyak mempengaruhi pada kesenian-kesenian lainnya yang ada di Jawa Barat, baik pada seni pertunjukkan wayang, degung, genjring dan lainnya. 

Yuk sekilas kita lihat bagaimana sih tari Jaipongan itu..



No comments:

Post a Comment