Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Friday, July 26, 2013

Tari Gambyong Jawa Tengah


Menari gambyong membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan untuk menghafalkan dan 1 bulan untuk meresapi. 

Sejak TK memang sudah dilatih sama mama ku buat nari. Orang tua ku, Kakek ku, Nenek ku (Nggak tau tapi buyutku juga atau nggak) suka sekali sama kesenian jawa ada gamelan, sinden, dan sebagai penari. Mungkin buah jatuh tidak jauh dari tempatnya. Yup tapi cuma menari aja yang aku warisi. hehehe. Sinden? nada suara kalau menyanyi saja alto. Gamelan? alat musik yang bisa aku mainin aja cuma harmonika sama suling itu aja karena pelajaran. Jadi menari adalah poin yang aku ambil untuk melengkapi kemampuan ku. 

Foto menariku dari kecil sudah usang jadi kalau di foto kemungkinan tidak terlihat. Iseng-iseng ternyata ada foto ketika menari gambyong. Nah lho, nari gambyong itu yang kayak gimana yah? dulu sih banyak yang bilang 2 jam, 3 jam atau intinya lama banget. padahal ya cuma nggak sampai 1 jam. hehehe. nah, sekedar info aja nih Tari Gambyong merupakan suatu tarian yang disajikan untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Ciri khas, selalu dibuka dengan gendhing Pangkur. Tariannya terlihat indah dan elok apabila si penari mampu menyelaraskan gerak dengan irama kendang dan gending.


Instrumen      : gender, kendang, kenong, kempul, dan gong

Perkembangan : Awal mula istilah Gambying tampaknya berawal dari nama seorang penari taledhek.

                           Jadi butuh waktu 2 bulan nih buat nari gambyong susah soalnya. Ini menari gambyong ketika acara ulang tahun biarawan dan biarawati.




Memakai jarik dengan warna ungu.
                                             
Gerak tari
Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan
dan kepala. Gerak kepala dan tangan yang halus dan terkendali merupakan spesifikasi
dalam tari Gambyong. Arah pandangan mata yang bergerak mengikuti arah gerak tangan dengan memandang  jari-jari tangan ,menjadikan faktor dominan gerak-gerak tangan dalam ekspresi tari Gambyong. Gerak kaki pada saat sikap beridiri dan berjalan mempunyai korelasi yang harmonis.

Kalau tadinya aku takut buat nari gambyong karena susah tetapi sampai sekarang tarian ini yang dapat membuat banyak penari ke luar negeri ataupun menerima tamu penting. jadi jangan takut menari gambyong. nggak akan nyesel deh.. 

4 comments:

  1. Replies
    1. zaman masih kurus. hehe. cew ki ya mesti cantik. makasih yah. hihihi.

      Delete
  2. semangat ya untuk terus melestarikan budaya Jawa :)

    ReplyDelete
  3. Kalau boleh tahu rias sendiri atau dirias? kasih infonya rias seperti itu ya. terima kasih.

    ReplyDelete