Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Monday, February 3, 2014

Serunya Berenang dengan Paus Putih di Nambire

Para wisatawan bisa berenang dan menyelam bersama Hiu Paus di perairan Teluk Cendrawasih di Nabire – Papua
Para wisatawan bisa berenang dan menyelam bersama Hiu Paus di perairan Teluk Cendrawasih di Nabire – PapuaFoto: Koran online
Nabire, Sayangi.com - Menjelajahi keindahan bawah laut dengan menyelam dan menemukan nemo hingga karang-karang cantik sudah menjadi hal yang lumrah. Bagaimana jika kali ini anda berpetualang dengan berenang bersama ikan terbesar dimuka bumi ini? Berani? Yuk!
Raksasa laut yang masih keturunan Hiu putih besar ini mungkin terlihat mengerikan, namun berbanding terbalik dengan sifat Hiu putih yang terkenal ganas dan pemangsa, nyatanya keramahan Hiu Paus kini malah membuat Indonesia sebagai salah satu pemilik wisata bahari menakjubkan di dunia. Tak perlu jauh-jauh ke Philipina, Australia ataupun Kenya, perairan di ujung timur laut Indonesia juga terkenal sebagai istana bagi para ratusan hiu paus (Rhincodon Typus).
Melipirlah kekawasan perairan Taman Nasional Teluk Cendrawasih di desa Kwatisore, Kabupaten Nabire – Papua. Anda bisa mengakses lokasi habitat hiu paus tersebut di sekitar Tanjung Kwatisore dengan menyewa kapal nelayan dari Pantai Maf. Hiu Paus seberat 21 ton dengan panjang bisa mencapai 20 meter tersebut biasanya muncul secara berkelompok setiap hari diwaktu-waktu tertentu, tepatnya disaat mereka akan mencari makan. Uniknya, kawanan hiu paus ini memiliki hobi bermain dan mencari makan disekitar bagan nelayan, sejenis keramba terapung dengan jaring penangkap ikan dibawahnya.
Masyarakat Papua barat menyebutnya sebagai Gurano bintang, sedangkan masyarakat Nabire menyebut ikan ini sebagai Hiniota Nibre. Bagi masyarakat Papua, ikan yang sangat bersahabat ini sudah dianggap sebagai hewan peliharaan yang berada di laut lepas. Mereka tak segan-segan memberikan makan ikan teri kecil atau ikan puri untuk para Gurano bintang.
Cara makan hiu paus juga sangat unik. Mulut besarnya akan menganga lebar, rongga mulut yang luasnya bisa dimasuki hingga 4 manusia tersebut tidak memiliki gigi tajam, hanya gigi halus yang berada didalamnya. Ia memakan plankton dan ikan-ikan kecil lainnya dengan cara menyedotnya bersama air laut.
Bagi para wisatawan, tak hanya berinteraksi langsung dengan berenang bersama mereka, anda juga dapat berinteraksi dengan memberi makan ikan kesukaan mereka, ikan puri. Beberapa operator diving disana memiliki ketentuan bagi para diver atau perenang yang ingin berinteraksi lebih dekat dengan memberi makan hiu paus ini bisa membeli ikan puri pada nelayan disekitar. (FIT/berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment