Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Saturday, November 2, 2013

Pengantar Manajemen dan Organisasi


1.1 Siapakah Yang Disebut Manajer?
               Seorang manajer adalah seorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan
terhadap pekerjaan orang lain, sehingga rencana organisasi dapat dicapai. Seorang manajer memiliki tugas berupaya membantu orang lain menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Hal itu dapat diwujudkan melalui koordinasi atas pekerjaan mereka dan mengawasi pekerjaan mereka.
          Para manajer dapat dikelompokkan dalam beberapa kelas yaitu :
a. Manajer Lini Pertama ( First-line manager
                Para manager di jenjang bawah yang mengelola pekerjaan
    karyawan non-manajerial dan biasanya terlibat langsungatau tidak    
    dalam  proses produksi.  
b. Manajer Tingkat Menengah ( middle manager )
    Para manajer yang menduduki posisi diantara jenjang terbawah dan
    teratas, selain itu juga mengelola para manjer lini pertama.
 c. Manajer Puncak ( top manajer )
                 Para manajer yang menduduki tingkat tertinggi dalam organisasi ini    
     bertanggung jawab atas pengambilan keputusan yang mempengaruhi   
     seluruh kegiatan organisasi. Selain itu juga menetapkan sasaran dan
     rencana kerja bagi organisasi.

1.2 Apakah Manajemen Itu ?
                Manajemen merupakan aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan
terhadap pekerjaan orang lain, sehingga pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif. Yang dimaksud efisien adalah melakukan pekerjaan secara tepat sasaran, atau menghasilkan output sebanyak mungkin dari input sedikit mungkin.

1.3 Apa Kerja Manajer ?
                Kerja dari seorang manajer dicakup dalam tiga aspek yaitu fungsi, peranan, dan
keahlian.
a. Fungsi-fungsi Manajemen
                    Henry Fayol seorang pengusaha Prancis di awal abad 20 mengatakan ada 5
fungsi manajemen : Planning, organizing, commanding, coordinating,                     dan controling. Tetapi kini lebih dipadatkan menjadi 4 yaitu : Planing yang berarti mengidentifikasikan sasaran,menetapkan strategi, mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas. Organizing yaitu menentukan apa yang harus diselesaikan, bagaimana caranya, dan siapa yang akan menegrjakan. Leading yaitu memotivasi, mamimpin, dan tindakan yang melibatkan interaksi orang lain. Controlling yaitu mengawasi aktivitas agar adapat selesai sesuai rencana.
b. Peran-peran Manajemen
                                    Peranan merujuk pada tindakan dan perilaku dari manajer. Mintzberg
mengelompokkan 3 divisi yaitu :
                        - Peran jembatan antar-pribadi ( Interpersonal Roles ) peranan
yang melibatkan hubungan dengan orang lain yang bersifat seremonial dan simbolis. Meliputi : panutan (figurehead), pimpinan (leader), penghubung (liason).
                      
 - Peran penyambung informasi ( Informational Roles ) aktivitas
yang melibatkan pengumpulan, penerimaan, dan penyampaian informasi. Meliputi: pengawas ( monitor ), penyebar berita ( disseminator ), juru bicara ( spokesperson ).

 - Peran pengambil keputusan ( decision-making role )
terkait dengan pengambilan keputusan dan penentuan pilihan. Meliputi : pengusaha ( enterpeneur ), pengentas kendala ( distrubance handler ), pengalokasian sumber-daya ( resource allocator ), perunding ( negotiator ).
c. Keahlian-keahlian Manajemen
                                    Menurut Robert L. Katz telah mengembangkan sebuah pendekatan untuk
menjabarkan keahlian manajemen. Ada 3 keahlian dasar yaitu : teknis, hubungan
antar manusia, dan konseptual.
                        - Keahlian Teknis yaitu pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan
dengan sebuah pekerjaan yang spesifik.
- Keahlian hubungan antar-manusia yaitu kemampuan bekerja sama
yang baik dengan orang lain secara perorangan atau kelompok.
 - Keahlian konseptual yaitu kemampuan berpikir dan memahami hal-hal
yang bersifat abstrak dan kompleks sehingga seorang manajer  dapat memandang organisasi dari prespektif keseluruhan dan memahami hubungan antar berbagai organisasi.

1.4 Apakah Organisasi Itu ?
                Organisasi adalah penataan sekumpulan orang yang disengaja guna mencapai tujuan
tertentu.
                Dapat dikatakan sebagai organisasi jika memiliki 3 sifat yaitu :
                    a. Memiliki tujuan yang jelas dan terdefenisi.
                    b. Terdiri dari orang yang melakukan berbagai pekerjaan.
                    c. Memiliki suatu bentuk struktur yang mengatur hak dan kewajiban.

1.5 Mengapa Kita Perlu Mempelajari Manajemen ?
            Kita dapat memahami nilai dan manfaat studi manajemen melalui tiga hal yaitu :
                    a. Universalitas Manajemen
                        Merujuk pada fakta bahwa para manajer dibutuhkan dalam segala bentuk dan
ukuran di organisasi, di setiap jenjang dan bidang kerja organisasi, dan diberbagai
tempat di dunia.
        b. Realitas Dunia Kerja
             Kenyataan bahwa kita akan mengelola atau dikelola dalam dunia kerja kita.
         c. Imbalan dan Tantangan dalam Menjadi Seorang Manajer.
Untuk menciptakan lingkungan kerja yang memungkinkan orang lain mengerahkan kemampuan terbaik mereka dalam bekerja, mendukung   dan mendorong kemajuan orang lain

No comments:

Post a Comment