Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Saturday, November 2, 2013

Pendekatan Yang Dipergunakan Untuk Membuat Anggaran Kas.


            Dua pendekatan utama yang dipergunakan untuk membuat anggaran kas.
a.       Pendekatan penerimaan dan pengeluaran kas. Metode ini didasarkan pada analisa peningkatan dan pengurangan secara rinci atas rekening kas yang dianggarkan yang akan mencerminkan semua arus uang masuk dan keluar dari anggaran seperti penjualan, biaya, dan pengeluaran untuk penambahan barang modal.
b.      Pendekatan akuntansi keuangan( metode ikhtisar laba rugi). Titik tolak dalam pendekatan ini adalah laba bersih yang direncanakan yang terlihat pada ikhtisar laba rugi yang dianggarkan. Pada dasarnya laba bersih yang direncanakan diubah dari dasar actual menjadi dasar kas, disesuaikan dengan perubahan rekening modal kerja bukan kas seperti persediaan, piutang, biaya yang dibayarkan dimuka akrual dan perkiraan penundaan.
·         Pendekatan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Untuk Menghitung Penerimaan Kas.
Penerimaan kas berasal dari transaksi seperti penjualan tunai, penagihan piutang, penerimaan bunga dari investasi, penjualan, barang modal, dan berbagai sumber pendapatan lain. Jika jumlah ini telah dimasukkan dalam rencana laba, merencanakan arus kas relative lebih mudah. Dalam penjualan kredit, selisih waktu antara saat penjualan dan penerimaan uang menyebabkan munculnya masalah. Pendekatan utama dalam masalah didasarkan pada penagihan masa lalu, waktu rata-rata antara tanggal penjualan dan tanggal penerimaan kas yang bersangkutan. Penerimaan uang masuk yang direncanakan harus dikuranginatau disesuaikan dengan pengaruh rekening piutang yang tidak dapat ditagih.
·         Rencana Pengeluaran Arus Kas. ( arus kas keluar )
Pengeluaran kas terutama dilakukan untuk pembayaran bahan baku, tenaga kerja, biaya dan penambahan barang modal, pembayaran hutang, dan dividen yang dibayarkan kepada para pemegang saham. Anggaran untuk item ini memberikan dasar untuk perhitungan pengeluaran kas yang direncanakan. Pendekatan penerimaan dan pengeluaran kas mengharuskan penghapusan pengeluaran atau pemasukkan bukan kas, seperti penyusutan, dari anggaran biaya yang telah dibuat. Pembayaran bunga atas hutang dan pajak bumi semuanya diperhitungkan. Kebutuhan kas untuk membayar dividen mungkin menjadi suatu maslaah, tapi banyak perusahaan yang menjalankan kebijakan deviden yang konsisten.
·         Menentukan Kebutuhan Pembiayaan Interim.
Pemasukkan dan pengeluaran kas selanjutnya harus diperbandingkan untuk memperkirakan posisi kas yang direncanakan selama seluruh periode. Untuk membuat perbandingan manajer keuangan membuat masukkan lainnya seperti perkiraan saldo awal kas, saldo akhir kas yang menunjukkan posisi kas yang baik untuk semua periode, perencanaan saldo kas untuk bulan berikutnya yang merupakan pinjaman bank jangka pendek akan dapat melindungi posisi kas. Setelah mempertimbangkan smeua fakto, manajer keuangan memutuskan pembiayaan jangka pendek yang dimasukkan dalam anggaran kas.
Pendekatan Akuntansi Keuangan Untuk Menghitung Arus Kas.

Pendekatan akuntansi keunagan digunakan oleh sebagian perusahaan untuk keperluan analis dan untuk membuat anggaran kas tahunan. Tetapi pendekatan ini lebih sering untuk perenccanaan kas jangka panjang. Pendekatan ini memerlukan sedikit rincian dan cocok dengan pendekatan yang layak dipergunakan dalam perencanaan jangka panjang. Metode ini mengembangkan arus kas dimulai dengan laba neto, penyesuaian terhadap laba neto dibuat untuk non kas yang mempengaruhi laba neto yang dibuat berdasarkan dasar akrual. Laba neto dapat diubah dari basis akrual menjadi dasar kas. Arus pemasukkan kas dan pengeluaran kas diperkirakan untuk item non operasi seperti penjualan asset tetap, penambahan barang modal, dan pelunasan hutang dan pembayaran dividen. Pendekatan penerimaan dan pengeluaran kas dan pendekatan akuntansi keuangan memperoleh hasil arus kas yang sama. 

No comments:

Post a Comment