Visit Indonesia From My Slide Show

Welcome to My Blog. Just Share My Mind. Maybe Your Mind Same with My Mind and its all in My Blog. Music Present : Olive Musique - Young at Heart. Visited My Country from My Slide Show.

Total Pageviews

Popular Posts

Sunday, August 11, 2013

Macam Tarian Daerah Jawa

Penasaran kan apa saja sih tarian yang ada di pulau Jawa? Mungkin postingan kali ini tidak lengkap ini hanya beberapa tarian yang terkenal saja dan tidak aneh terdengar di telinga. Kalau di rinci satu-satu alhasil akan banyak sekali. Jika anda mengenal tarian daerah yang belum ada di daftar ini comment yah..

Tarian daerah atau bisa juga disebut sebagai tarian adat jenisnya bermacam-macam, tergantung dari maksud dan tujuan ditampilkannya tarian daerah tersebut. Satu daerah bahkan mempunyai bermacam-macam tarian adat, misalnya tarian untuk menyambut tamu agung, tarian untuk menyambut panen, tarian upacara kematian, tarian upacara keagamaan, tarian yang bertujuan menjaga keamanan dan tarian dengan mengusung tema perang-perangan.

Pada umunya tarian daerah mempunyai tema tertentu, seperti misalnya tarian adat di Papua biasanya bertema perang, sedangkan tarian adat di Jawa banyak yang berteme pernikahan atau menyambut hasil panen. Berikut ini adalah macam-macam tarian daerah Jawa:


JAWA TIMUR

Tari Dongkrek
Tari Gandrung Banyuwangi
Tari Glepang
Tari Jaran Kepang
Tari Jejer
Tari Kethek Oglek
Tari Oklik
Tari Ngremo
Tari Remong
Tari Sandur
Tari Gambyong
Tari Srimpi
Tari Bondan
Tari Kelana


JAWA TENGAH

Tari Bondan
Tari Gambir Anom
Tari Gambyong
Tari Gatotkaca Gandrung


JAWA BARAT

Tari Banjet
Tari Debus
Tari Jaipong
Tari Ketuk Tilu
Tari Kuda Lumping
Tari Merak
Tari Patilaras
Tari Reog
Tari Sisingaan
Tari Topeng Kuncaran


YOGYAKARTA

Tari Bondan
Tari Gambir Anom
Tari Kelono Topeng Serimpi
Tari Serial Ramayana

1 comment: