1.1 Siapakah Yang Disebut Manajer?
Seorang manajer adalah seorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan
Seorang manajer adalah seorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan
terhadap pekerjaan orang lain, sehingga rencana organisasi
dapat dicapai. Seorang manajer memiliki tugas berupaya membantu orang lain
menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Hal itu dapat diwujudkan melalui
koordinasi atas pekerjaan mereka dan mengawasi pekerjaan mereka.
Para manajer dapat dikelompokkan dalam beberapa kelas yaitu :
Para manajer dapat dikelompokkan dalam beberapa kelas yaitu :
a. Manajer Lini Pertama ( First-line
manager )
Para manager di jenjang bawah yang mengelola pekerjaan
Para manager di jenjang bawah yang mengelola pekerjaan
karyawan
non-manajerial dan biasanya terlibat langsungatau tidak
dalam proses
produksi.
b. Manajer Tingkat Menengah ( middle manager )
Para manajer yang menduduki posisi diantara jenjang terbawah dan
Para manajer yang menduduki posisi diantara jenjang terbawah dan
teratas, selain
itu juga mengelola para manjer lini pertama.
c. Manajer Puncak ( top
manajer )
Para manajer yang menduduki tingkat tertinggi dalam organisasi ini
Para manajer yang menduduki tingkat tertinggi dalam organisasi ini
bertanggung jawab atas pengambilan keputusan yang mempengaruhi
seluruh kegiatan organisasi. Selain itu juga menetapkan sasaran dan
rencana kerja bagi organisasi.
1.2 Apakah Manajemen Itu ?
Manajemen merupakan aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan
Manajemen merupakan aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan
terhadap pekerjaan orang lain, sehingga pekerjaan tersebut
dapat diselesaikan secara efisien dan efektif. Yang dimaksud efisien adalah
melakukan pekerjaan secara tepat sasaran, atau menghasilkan output sebanyak
mungkin dari input sedikit mungkin.
1.3 Apa Kerja Manajer ?
Kerja dari seorang manajer dicakup dalam tiga aspek yaitu fungsi, peranan, dan
Kerja dari seorang manajer dicakup dalam tiga aspek yaitu fungsi, peranan, dan
keahlian.
a. Fungsi-fungsi Manajemen
Henry Fayol seorang pengusaha Prancis di awal abad 20 mengatakan ada 5
Henry Fayol seorang pengusaha Prancis di awal abad 20 mengatakan ada 5
fungsi manajemen : Planning, organizing, commanding,
coordinating,
dan controling. Tetapi kini lebih
dipadatkan menjadi 4 yaitu : Planing yang berarti mengidentifikasikan sasaran,menetapkan
strategi, mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas. Organizing
yaitu menentukan apa yang harus diselesaikan, bagaimana caranya, dan siapa yang
akan menegrjakan. Leading yaitu memotivasi, mamimpin, dan tindakan yang
melibatkan interaksi orang lain. Controlling yaitu mengawasi aktivitas
agar adapat selesai sesuai rencana.
b.
Peran-peran Manajemen
Peranan merujuk pada tindakan dan perilaku dari manajer. Mintzberg
Peranan merujuk pada tindakan dan perilaku dari manajer. Mintzberg
mengelompokkan 3 divisi yaitu :
- Peran jembatan antar-pribadi ( Interpersonal Roles ) peranan
- Peran jembatan antar-pribadi ( Interpersonal Roles ) peranan
yang melibatkan hubungan dengan orang lain yang bersifat
seremonial dan simbolis. Meliputi : panutan (figurehead), pimpinan (leader),
penghubung (liason).
- Peran penyambung informasi ( Informational
Roles ) aktivitas
yang melibatkan pengumpulan, penerimaan, dan penyampaian
informasi. Meliputi: pengawas ( monitor ), penyebar berita ( disseminator ),
juru bicara ( spokesperson ).
- Peran pengambil keputusan ( decision-making role )
terkait dengan pengambilan keputusan dan penentuan pilihan. Meliputi : pengusaha ( enterpeneur ), pengentas kendala ( distrubance handler ), pengalokasian sumber-daya ( resource allocator ), perunding ( negotiator ).
terkait dengan pengambilan keputusan dan penentuan pilihan. Meliputi : pengusaha ( enterpeneur ), pengentas kendala ( distrubance handler ), pengalokasian sumber-daya ( resource allocator ), perunding ( negotiator ).
c. Keahlian-keahlian Manajemen
Menurut Robert L. Katz telah mengembangkan sebuah pendekatan untuk
Menurut Robert L. Katz telah mengembangkan sebuah pendekatan untuk
menjabarkan
keahlian manajemen. Ada 3 keahlian dasar yaitu : teknis, hubungan
antar
manusia, dan konseptual.
- Keahlian Teknis yaitu pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan
- Keahlian Teknis yaitu pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan
dengan
sebuah pekerjaan yang spesifik.
-
Keahlian hubungan antar-manusia yaitu kemampuan bekerja sama
yang
baik dengan orang lain secara perorangan atau kelompok.
- Keahlian konseptual yaitu kemampuan
berpikir dan memahami hal-hal
yang
bersifat abstrak dan kompleks sehingga seorang manajer dapat memandang organisasi dari prespektif
keseluruhan dan memahami hubungan antar berbagai organisasi.
1.4
Apakah Organisasi Itu ?
Organisasi adalah penataan sekumpulan orang yang disengaja guna mencapai tujuan
Organisasi adalah penataan sekumpulan orang yang disengaja guna mencapai tujuan
tertentu.
Dapat dikatakan sebagai organisasi jika memiliki 3 sifat yaitu :
a. Memiliki tujuan yang jelas dan terdefenisi.
b. Terdiri dari orang yang melakukan berbagai pekerjaan.
c. Memiliki suatu bentuk struktur yang mengatur hak dan kewajiban.
Dapat dikatakan sebagai organisasi jika memiliki 3 sifat yaitu :
a. Memiliki tujuan yang jelas dan terdefenisi.
b. Terdiri dari orang yang melakukan berbagai pekerjaan.
c. Memiliki suatu bentuk struktur yang mengatur hak dan kewajiban.
1.5 Mengapa Kita Perlu Mempelajari Manajemen ?
Kita dapat memahami nilai dan manfaat studi manajemen melalui tiga hal yaitu :
a. Universalitas Manajemen
Merujuk pada fakta bahwa para manajer dibutuhkan dalam segala bentuk dan
ukuran
di organisasi, di setiap jenjang dan bidang kerja organisasi, dan diberbagai
tempat
di dunia.
b. Realitas Dunia Kerja
Kenyataan bahwa kita akan mengelola atau dikelola dalam dunia kerja kita.
c. Imbalan dan Tantangan dalam Menjadi Seorang Manajer.
Untuk menciptakan lingkungan kerja yang
memungkinkan orang lain mengerahkan kemampuan terbaik mereka dalam bekerja,
mendukung dan mendorong kemajuan orang lainb. Realitas Dunia Kerja
Kenyataan bahwa kita akan mengelola atau dikelola dalam dunia kerja kita.
c. Imbalan dan Tantangan dalam Menjadi Seorang Manajer.
No comments:
Post a Comment