2. Perusahaan Jasa.
2.1.
Pengertian Perusahaan Jasa
Perusahaan
jasa adalah unit usaha yang kegiatannya memproduksi yang tidak berwujud. Tetapi
perusahaan jasa harus tetap memiliki produk untuk ditawarkan kepada konsumen
untuk menyelenggarakan kegiatannya. Seperti misalnya perusahaan jasa pengiriman
barang. Untuk mendukung usahanya maka perusahaan tersebut harus memiliki
fasilitas transportasi yang mendukungnya.
2.2.
Ciri-ciri Perusahaan Jasa
Perusahaan
jasa memiliki beberapa kharakteristik yang membedakan dirinya dengan perusahaan
manufacture. Beberapa karakteristik tersebut adalah :
a. Produk
yang ditawarkan berupa benda tidak berwujud (jasa). Jasa merupakan sesuatu yang
tidak bisa dilihat, tetapi manfaatnya bisa dirasakan.
b. Perusahaan
dan konsumen kesulitan untuk mengukur tingkat harga jasa. Tingkat harga
merupakan sesuatu yang bersifat tidak mutlak karena mahal atau tidaknya harga
yang ditetapkan perusahaan tergantung tingkat kepuasan konsumen.
c. Produk
yang ditawarkan tidak bisa disimpan dalam bentuk persediaan. Artinya, jasa
tidak bisa disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada
perusahaan tempat konsumen membeli jasa.
2.3.
Tipe Pemasaran Perusahaan Jasa
Perusahaan
jasa memiliki beberapa cara untuk memasarkan jasa yang mereka miliki. Beberapa
tipe pemasaran perusahaan jasa yaitu :
a. Pemasaran
Eksternal
Strategi pemasaran eksternal ini dikenal dengan 7 P (product, price, place, promotion, process, personil, and physical facility).
Strategi pemasaran eksternal ini dikenal dengan 7 P (product, price, place, promotion, process, personil, and physical facility).
b. Pemasaran
Internal
Untuk pemasaran jasa tidak cukup hanya dengan pemasaran eksternal (7 P) tetapi harus diikuti pula dengan peningkatan kualitas atau keterampilan para personil yang ada dalam perusahaan. Selain itu juga harus ada kekompakan atau suatu tim yang tangguh dari personil yang ada dalam perusahaan tersebut, khususnya dalam menghadapi para pelanggan sehingga membawa kesan tersendiri yang meyakinkan.
Untuk pemasaran jasa tidak cukup hanya dengan pemasaran eksternal (7 P) tetapi harus diikuti pula dengan peningkatan kualitas atau keterampilan para personil yang ada dalam perusahaan. Selain itu juga harus ada kekompakan atau suatu tim yang tangguh dari personil yang ada dalam perusahaan tersebut, khususnya dalam menghadapi para pelanggan sehingga membawa kesan tersendiri yang meyakinkan.
c. Pemasaran
Interaktif (Interaktif Marketing)
Kepuasan konsumen tidak hanya terletak pada mutu jasa, misalnya, restorannya yang megah dan makanannya yang bergizi. Tetapi, juga harus dipadukan dengan melakukan service quality improvement supaya peningkatan pelayanan benar-benar meyakinkan.
Kepuasan konsumen tidak hanya terletak pada mutu jasa, misalnya, restorannya yang megah dan makanannya yang bergizi. Tetapi, juga harus dipadukan dengan melakukan service quality improvement supaya peningkatan pelayanan benar-benar meyakinkan.
2.4.
Eksistensi Jasa di Perusahaan Jasa.
Setiap
perusahan akan senantiasa mempertahankan eksistensi kinerjanya untuk mencapai
pertumbuhan tertentu.Untuk itu setiap perusahaan akan berusaha untuk merebut
pangsa pasar dengan berbagai strategi pemasaran dan juga peningkatan pelayanan
yg maksimal dengan tujuan akhir untuk bisa memperoleh laba yg sebesar besarnya
dengan pencapain kepuasana tamu ataupun pelanggan secara optimal.
Oleh
sebab itu setiap perusahan yg bergerak dibidang jasa pelayanan akan akan selalu
senantiasa mejaga dan meningkatkan mutu pelayanan mereka sehingga bisa secara
maksimal bersaing dengan kebutuhan konsumen.
Seperti
yg diketahui kualitas pelayanan yg ditawarkan erat kaitannya dengan dorongan
untuk pencapain konsument yg loyar untuk tetap memakai produk yang ditawarkan
oleh sebuah jasa pelayanan.Dalam jangka panjang perusahaan akan selalu
senantiasa memahami dengan seksama jasa yg diharapkan oleh semua
pelanggannya.Dengan demikian perusahaan akan bisa meningkatakan kepuasan para
pelanggannya,dimana perusahaan bisa memaksimumkan pengalaman pelanggan yang
menyenangkan.Pada gilirannya akan tercipta “Brand Image”nilai jual yg tinggi
pada perusahaan yg mampu meberikan pelayan yg baik terhadap para konsumennya.
No comments:
Post a Comment