Manajemen strategic adalah sesuatu
yang dilakukan seorang manajer untuk mengembangkan strategic perusahaan. Dalam
manajemen strategic melibatkan semua fungsi manajemen dasar yang meliputi
perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Strategik
merupakan rencana sebuah organisasi untuk melakukan sesuatu yang harus
dikerjakan. Manajemen strategic menggunakan model bisnis yang digunakan sebagai
acuan perusahaan untuk menghasilkan uang.
Manajemen strategic sangat penting
karena dapat mengembangkan dan mengeksploitasi setiap aspek dalam bisnis.
Selain itu kepentingan dari penggunaan manajemen strategic dapat dibedakannya
seberapa baik kinerja perusahaan. Manajer juga dapat mengukur suatu organisasi
yang terus menghadapi situasi yang berubah. Organisasi bersifat kompleks dan
beragam hal ini mengakibatkan manajemen strategic sangat penting.
Proses dari manajemen strategic
adalah :
1. Mengidentifikasi
Misi, Tujuan, dan Strategik Organisasi saat ini.
2. Melakukan
analisis eksternal. ( terhadap ancaman dan peluang )
3. Melakukan
analisis internal. ( yang berada di dalamnya adalah sumber daya, kapabilitas,
kompetensi inti, kekuatan, dan kelemahan. Serta adanya gabungan antara internal
dan eksternal yang dikenal sebagai analisis SWOT yaitu analisis atas kekuatan
kelemahan, peluang, dan ancaman organisasi. )
4. Memformulasikan
Strategi.
5. Mengimplementasikan
strategi.
6. Mengevaluasi
hasil.
Didalam
manajemen strategic memiliki beberapa strategic diantaranya yaitu:
1. Strategik
Korporasi.
Strategik
yang menspesifikasi apa yang akan dimasuki atau yang ingin dimasuki dan apa
yang ingin dikerjakan perusahaan dengan bisnis tersebut. Strategi korporasi
memiliki 3 strategi yaitu strategi
pertumbuhan ( dengan cara memperluas jumlha pasar yang dilayani atau produk
yang ditawarkan), strategi stabilitas ( strategi korporasi dimana organisasi
tetap melakukan apa yang sedang dilakukan saat ini), strategi pembaharuan (
untuk mengatasi kinerja yang menurun).
2. Strategi
Kompeititif
Strategi
tentang bagaimana organisasi akan bersaing dalam bisnisnya. Keunggulan dari
strategi ini adalah keunggulan unik yang berasal dari kompetensi inti
organisasi karena organisasi melakukan sesuatu yang tidak dapat dilakukan
organisasi lainnya.
Masalah
yang dihadapi oleh manajemen strategic saat ini adalah kebutuhan akan fleksibilitas
strategic (dimana kemampuan untuk menyadari perubahan eksternal utama ), arahan
baru dalam strategi organisasi.
No comments:
Post a Comment